Harga Temen?

By Bella Sukardi - March 05, 2018

https://www.pexels.com

Hari ini, lagi-lagi si cewek zombie ini nulis sambil setengah merem gara-gara begadang semaleman. Tanpa faedah as always.

"Eh mau dong, harga temen tapi ya?"
"Wah, boleh nih, ntar aku mampir ya ke toko, harga temen kan?" 
"Mahal amat, kasih diskon dong, kan sama temen sendiri.."

Kayaknya kita udah nggak asing lagi ya sama istilah 'harga temen' yang sering banget kita temuin sehari-hari. Buat kamu yang jiwanya pedagang nih, punya usaha jualan, pasti nggak asing deh sama istilah 'harga temen' yang sering banget kamu denger pas nawarin dagangan ke temen sendiri.

Konsep harga temen ini sepertinya udah mendarah daging ya di budaya kita, ketika ada teman atau kenalan yang memiliki usaha dan menawarkan produk yang dia jual ke kita, sadar nggak sadar pasti langsung bilang 'harga temen' ya? atau whatever lah ya gimanapun bahasanya, tapi maksudnya adalah beli ke temen sendiri ya 'lumrah'nya dapet diskon, atau malah di kasih cuma-cuma. Iyaa ngga?

Aku personal adalah manusia aliran pecinta diskon dan orang yang paling ngga mau beli sesuatu dengan harga yang nggak masuk akal 'versi' aku, atau gak mau beli sesuatu dengan full price. Bukannya pelit, tapi perhitungan. Perhitungan nggak sama dengan pelit btw. Hehe. Walaupun aku pecinta diskon garis keras, udah fanatik banget lah sama diskon, tapi soal beli ke temen sendiri aku tipe orang yang 'SAY NO' to discount. Lho kok gitu?

Mungkin pada heran ya, dikasih diskon kok nggak mau, kan lumayan yang punya usaha temen sendiri, apalagi kalo di gratisin.

Eits, diskon emang menyenangkan, apalagi free ya kaan? Tapi kalo yang punya usaha adalah sahabat, kenalan, atau kerabat kita, aku lebih memilih untuk bayar full price, dan kalau bisa malah bantu promosiin biar usahanya bisa dikenal banyak orang, kenapa?

Karena itu bentuk dukungan aku dengan usaha mereka, bentuk support aku ke usaha temen yang bisa aku lakuin.

Let me explain it. Kita baru aja mulai usaha, yang kenal produk kita aja nggak ada, biasanya kita akan cenderung menawarkan produk kita ke lingkungan terdekat dulu, ke teman, kerabat dan orang-orang di sekitar kita. Dengan modal pas-pas an, nyoba peruntungan, sukur-sukur balik modal. Di tawarin ke temen sendiri malah dimintain diskon, padahal belum tentu udah dapet untung. Kasian ngga? Boro-boro kita bantuin usahanya untuk bisa berkembang, atau promosiin biar produknya dikenal banyak orang, eh kebiasaan kita malah minta 'harga temen'.

Aku masih nggak ngerti sih konsep 'harga temen' yang udah menjamur dan bahkan mendarah daging di lingkungan kita. Mungkin kalau usaha temen kita udah gede, omsetnya udah besar, dan udah terkenal, kemudian dia memberikan kita suatu privilege harga khusus atau bahkan free karena kita temennya itu lain cerita ya.

Tapi kalau kita yang minta ? sepertinya aku nggak sependapat. Aku lebih suka membayar full price dan kalau bisa malah ngebantuin agar usahanya menjadi lebih sukses lagi. Biasanya diskon harga temen juga nilainya nggak gede-gede amat kan, masa sama temen sendiri perhitungan begitu?

Bantuin juga nggak harus ribet kok, kalau temen punya usaha warung makan, dateng aja, snap a stories di sosial media (jamannya kan sosmed ya sekarang) terus posting dan promosiin deh. Ini mungkin suatu hal kecil dan nggak penting ya, tapi hal-hal kecil seperti ini berarti banget lho untuk orang lain. Bayangin aja kalau semua temen si pelaku usaha bantuin dengan hal simpel seperti itu, tentu bakal lebih mudah kan produknya di ketahui banyak orang di dunia maya, dan nggak menutup kemungkinan akan mendatangkan pelanggan-pelanggan baru. Pahala kan?

Untuk itu, yuk sama-sama support usaha temen dengan nggak minta 'harga temen'. Kalau bisa bantu ngapain malah nyusahin ?

Salam berbagi.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments