Be Nice to Everyone

By Bella Sukardi - January 24, 2018

https://www.pexels.com/

"Apa yang dia tanam, maka itulah yang dia tuai."

Sebelumnya, aku pikir itu cuma sekedar pepatah aja yang sering kita denger dimana-mana. Atau cuma ucapan dari seseorang yang agak dendam aja gitu sama yang dilakuin orang lain makanya si doi bilang kata-kata berkekuatan dendam 6 skala rihter itu hehe.

Tapi ternyata pepatah itu kayaknya emang punya kekuatan magis cuy (lebay amat bel). Serius deh. Udah seringkali aku ngerasain dan buktiin sendiri. Cerita yang bakal aku tulis ini nggak bermaksud pamer atau nggak ikhlas ngelakuinnya ya, cuma sekedar sharing aja hehe, judulnya adalah "be nice to everyone". Yang aku maksud everyone itu ya semuanya, semuanya yang bersinggungan sama kita di social life baik kenal atau engga. 

Tempo hari, namanya juga anak kosan yak, kadang duit ada, kadang juga engga ada. Waktu itu aku lagi naik motor tua aku, namanya si blacky, posisinya ujan-ujan jam setengah 5 sore. Sampe di jalan Magelang, depannya toko sepatu Donnatello, si blacky mesinnya mati, nggak mau nyala. Bingung dong, posisinya lagi nggak ada duit men, mikir-mikir mau nelpon siapa ya? Sambil mikir sambil sekuat tenaga nyari-nyari HP di dalem tas, dalem mantel, ternyata HP mati, istighfar lah aku frustasi cuy. Oke. Sok-sok stay cool aja nih, padahal sih panik setengah mampus dan agak nelangsa gitu dalem hati. Mesin aku coba nyalain, tetep nggak mau nyala. Oh my god

Dalam keputusasaan dan hujan yang bikin galau, perut udah laper, nggak di duga ada bapak-bapak nyamperin. Udah deg-deg an bangeett btw. Cewek sendirian, ujan-ujan disamperin om-om, kok serem ya. Tapi si bapak ramah banget, nanya motornya kenapa. Tiba-tiba si bapak nanya "mbak yang dulu beli donat J.co di JCM ya?", oke mikir dong aku. Kapan ya aku beli donat? udah lupa. Pikun amat bel. 

Si bapak bilang lagi, "saya driver gojek mbak, yang mbak antriin donatnya biar saya nggak kelamaan antri berjam-jam..". Oh I got it! Aku inget, waktu itu emang si donat lagi promo, buy 1 box get 2 kalo gasalah (?) ketauan anak promo deh. Nah karena aku sama kak Riska (temen kantor, jomblo btw kali aja mau kenalan :p) datengnya awal, aku antri gak sampai setengah jam udah di paling depan. Sementara antrian lain di belakang ada puluhan orang dong. Dan dibarisan belakang banget ada beberapa bapak-bapak berjaket hijau, mungkin salah satunya si bapak ini, karena aku udah lupa juga mukanya. 

Bayangin aja, driver gojek dapet order suruh antri di event promo kayak gitu, bisa sampai 2-4 jam lebih cuma buat antri satu pesenan customer aja, belum anternya. Kasian kaaan, si driver udah kehilangan berapa order tuh jangka waktu selama itu. Kok ya si yang beli nggak kira-kira to, gara-gara males antri makanya pesen via gojek, kesal yaa (emosi, maap). Alhasil aku sama kak Riska panggil deh tuh semua yang berjaket hijau aku tanya mau beli berapa, dan kita pesenin semuanya. Sesimpel itu. Dan si bapak-bapak ini masih inget aja, padahal aku udah nggak inget kejadian pas beli donat. Dan hari ini, aku ketemu lagi dong. Si bapak bantuin anuin si blacky, entah diapain nggak tau, agak di otak-atik gitu, akunya udah pasrah aja deh. Terus si bapak coba lagi, dan ajaibnya si blacky nyala lagi! Alhamdulillaahhh.

Rasanya mau sujud deh ah. Nggak sampe situ, si bapak ngasih aku sekantong rambutan sama ada kresek lain isinya sekotak gudeg Yu Djum. Ya ampun, gaenak dong aku, kali aja itu bekel makannya, tapi si bapak bersikeras cuy, yauda mau gimana lagi. Dan agak laper juga saya nya hehe. Sore itu aku sedikit terharu, ternyata ketika kita mudahin urusan orang lain, insyaAllah urusan kita juga akan dimudahkan oleh Allah. :')

Ada beberapa kejadian lain juga, yang bener-bener bikin aku pengin terus-terusan be nice to everyone. Karena kita nggak pernah tau, perbuatan kecil yang kita lakuin dan mungkin buat kita nggak penting, ternyata berarti banget buat orang lain. Bagitu juga sebaliknya, kalau kita ngelakuin hal yang kurang baik sama orang lain, suatu saat juga kita akan dapet balesannya. Kembali lagi, apa yang kita tanem itulah yang kita tuai.

Salam berbagi. 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments