Setelah Steril Kucing di Animal Friend Jogja

By Bella Sukardi - December 26, 2017

Seperti yang aku tulis di postingan sebelumnya, steril kucing di Animal Friend Jogja bisa dibilang murah banget. Jadi pada tanggal 9 November 2017 aku bawa kucingku ke tempat Steril Animal Friend Jogja yang berlokasi di dekat kecamatan Danurejan.
Untuk detail lokasi : Dari stasiun Lempunyangan, ke arah selatan (arah pasar Lempuyangan) kira-kira 100 m, ada kantor Kec. Danurejan, sebelah samping kirinya ada gang, masuk timur/kiri, rumah ke-8 kiri jalan (biasanya ada tulisan kecil Animal Friend Jogja di gerbang).
Jangan lupa, sebelum operasi steril, kucing harus puasa makan dan minum ya. Sesuai anjuran dari Animal Friend Jogja (AFJ) ketika reservasi, kucing dilarang makan dan minum dari jam 7 pagi. Siangnya sekitar jam 10 kucing di antar ke lokasi steril. Kita akan diminta untuk mengisi formulir data diri, seperti data pribadi kita dan data kucing kita. Oiya, aku juga nambah suntik anti kutu dan cacing, nambah sekitar Rp.25.000. Jadi total biaya steril ditambah suntik anti cacing dan kutu Rp.200.000.

Setelah pendaftaran dan administrasi selesai, kucing bisa ditinggal dan kita dipersilahkan untuk pulang dulu. Pihak AFJ akan menghubungi kita lagi via SMS kalau proses sterilnya udah selesai.
Sekitar pukul 17.00 WIB aku dikabarin sama AFJ kalau kucing udah bisa diambil. Kucing masih dalam keadaan setengah dasar, kita juga dikasih kertas panduan dan dijelasin treatment setelah operasi steril. Isinya kurang lebih seperti ini :
  • Kucing/anjing diletakkan dalam ruang tertutup/kandang yang cukup besar dan bebas dari barang yang bisa membahayakan waktu belum sadar penuh.
  • Kucing/anjing diletakkan pada handuk kering/koran bekas. Cek selama 12 jam pertama pasca steril untuk memastikan suhu kucing/anjing tidak turun dan tidak ada pendarahan atau pembengkakan pada luka.
  • Caranya cek suhu dengan pegang telinga. Kalau telinga terasa dingin, beri lampu 5 watt pada kandang dan pastikan kucing/anjing tidur diatas kain/kasur hangat dan tidak lembab. Setelah 30 menit cek suhu lagi, kalau tetap dingin taruh botol air hangat yang dibungkus kain didekat punggung dan perut, dan hubungi AFJ untuk minta informasi perawatan lanjut.
  • Ketika kucing/anjing sudah sadar dan tidak lagi mabuk anestesia satwa diberi air minum dan makanan lunak (makanan kaleng ikan) namun jangan memaksakan satwa anda makan, dia akan makan ketika sudah siap.
  • Bersihkan kandang dan urine/faeces/darah setiap saat.
  • Oleskan betadine di luka dan segera dilap dengan tisu, cukup 1 kali sehari. Jika luka terlihat memerah atau bernanah segera hubungi AFJ.
9a61541c-6231-4e52-a99c-cd7970f1a76f
Jam 18.00 WIB Kucing masih belum sadar sepenuhnya

Oiya, kucing aku udah bisa jalan jalan normal malam harinya sekitar jam 12.00 which is itu waktu yang cepet banget buat kucing betina. Dan kucing aku juga nggak berak atau pipis sembarangan seperti yang dilakukan kebanyakan kucing lain pasca operasi. Selama 2 hari pasca operasi aku selalu cek luka bekas jahitan, lukanya normal dan tidak berdarah, malah seperti bukan bekas operasi. Aku yang sempet parno soal repotnya menjaga kucing pasca operasi ternyata gak serempong yang aku pikirkan. Semua lancar dan nggak ada masalah, akunya juga sama sekali nggak dibuat repot.

a4cfc16b-8960-471b-93bc-12fafd306c97
Luka 1 hari setelah operasi steril

c2217d8b-78bc-498b-953d-d70a58e5da56
Hari ke-2 pasca operasi, makan normal, dan tidurnya juga nyenyak banget hehe

04b49720-9406-4deb-b3ff-40b277a29742
Hari ke-7 sudah tumbuh bulu-bulu kecil di bekas luka tapi luka masih menonjol

d915a2d0-91db-42ad-92ef-cdb741d74e9a.jpg
Luka bekas jahitan sudah sembuh dan tidak lagi menonjol, bulu-bulu sudah tumbuh

Hal yang penting juga nih, kucing jangan dimandiin dulu sebelum 2 minggu pasca operasi ya, dan dicek dulu apakah lukanya udah bener-bener sembuh atau belum. Kucing biasanya akan makan normal 2 hari setelah operasi dan bahkan nafsu makannya bakal tinggi banget. Pasca operasi, kucing aku emang jadi lebih nggak aktif dari sebelumnya, siklus tidurnya lebih panjang, tapi itu normal kok selama luka tidak ada masalah dan nafsu makan juga normal.

Kalau ditanya apa aku mau steril kucing di Animal Friend Jogja lagi? Absolutely YES.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments