Steril Kucing di Animal Friend Jogja

By Bella Sukardi - December 26, 2017


Hello !

Makin meningkatnya populasi kucing terutama kucing non ras atau yang biasa kita sebut kucing kampung di sekitar kita menjadi perhatian orang-orang atau komunitas pecinta kucing yang sadar dan peduli akan satwa menggemaskan satu ini.

Jumlah populasi kucing non ras semakin tinggi, namun ketersediaan tempat tinggal dan makanan yang layak semakin sedikit. Seperti yang kita ketahui, kebanyakan orang akan lebih suka untuk memelihara jenis kucing ras daripada kucing non ras yang biasa berkeliaran di lingkungan sekitar, di pasar-pasar dan tempat-tempat pembuangan sampah.

Hal ini mendorong komunitas pecinta kucing atau orang-orang yang peduli akan hal tersebut untuk melakukan neuter dan spay pada kucing-kucing di sekitar untuk menekan populasi kucing yang meningkat drastis.

Sebagai informasi, menurut American Humane Association, spay sering dipakai untuk menjelaskan proses ovariohysterectomy dari satwa yang berjenis kelamin betina sedangkan neuter dipakai untuk menjelaskan proses castration dari satwa yang berjenis kelamin jantan. Dalam Bahasa Indonesia, proses Spay dan Neuter sering disebut dengan sterilisasi.

Manfaat-Kebiri-Steril-pada-Kucing

Sterilisasi adalah prosedur medis yang aman yang melibatkan proses operasi bedah minor (kecil) dan harus dilakukan dengan pemberian obat bius (anestesi) oleh seorang dokter hewan. Sterilisasi tidak boleh dilakukan dengan cara tradisional ataupun dengan tata cara yang kejam demi menghemat biaya. Tujuan dari sterilisasi adalah menghentikan fungsi reproduksi dari satwa tersebut, sehingga dapat mencegah kelahiran yang tidak diinginkan atau tidak dapat dipertanggung-jawabkan oleh manusia.

Buat kamu yang di Jogja, mau tahu tempat dimana steril hewan yang terjangkau harganya dan aman tentunya, kamu bisa ikutan program rutin spay and neuter yang diadakan oleh komunitas Animal Friend Jogja. Untuk biaya steril kucing :
Jantan : 125.000
Betina : 175.000

Murah banget kan? Buat reservasi kamu bisa langsung hubungin nomor telepon Animal Friend Jogja di 0274-516664 atau info lebih lanjut kunjungi website Animal Friend Jogja disini ya.

Biasanya ketika reservasi lewat telepon, kamu akan dikasih tau tanggal dan lokasinya. Jangan lupa sebelum steril, kucing puasa makan minum dulu ya. Kemarin kucingku puasa dari jam 7 pagi sampai selesai operasi. Kucing di bawa ke lokasi steril sekitar pukul 11 siang. Oiya, nanti kucing di tinggal kok, diantar siangnya dan nanti kamu akan dikabari lagi kalau proses steril sudah selesai.

Treatment setelah steril kucing betina, bisa kamu cek di postingan aku selanjutnya ya.
Terima kasih, salam berbagi.

  • Share:

You Might Also Like

4 comments

  1. 2019 ada lagi ga kak programnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Gadita!
      Maaf yah baru bales, utk info nya kamu bisa langsung kunjungi website atau social medianya ya, biasanya di share disana.

      Terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  2. Langsung hubungin ke nomornya aja, nnt dikasih tau untuk tgl kebiri/sterilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Eka!

      Makasih ya udah bantu jawab, salam kenal :)

      Delete